CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN WORDPRESS TERBARU

Ketika WordPress diluncurkan pada tahun 2003 (Apa itu WordPress, Sejarah WordPress?), maka munculah layanan blog gratis tampil secara online, hal itu mengubah wajah web seperti yang kita kenal. Blogging kini merupakan salah satu cara paling populer untuk berkomunikasi dan berbagi apa pun dari pendapat dan informasi maupun gambar atau foto.
Saat ini Ada banyak sumber daya online yang memungkinkan Anda untuk membuat blog secara gratis dalam berbagai kapasitas, tetapi WordPress adalah salah satu yang terbaik dan terkenal yang dapat menyediakan tools blogging yang user-friendly. Dalam artikel ini saya akan menuntun anda secara lengkap dalam membuat blog gratis dengan WordPress di WordPress.com, Dimana anda bisa mendapatkan Hosting dan Domain secara gratis.
Baca : Tutorial Cara Install WordPress Lengkap

CARA BUAT BLOG GRATIS WORDPRESS

Langkah 1 :  Pada langkah pertama ini silahkan Anda mengunjungi situs untuk membuat blog wordpress di alamat http://wordpress.com. Setelah Anda mengunjungi situs WordPress, maka anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini dan terdapat tombol “Buat Situs Web” langsung klik saja tombol tersebut.
membuat blog gratis wordpress
Langkah 2 : Selanjutnya pada langkah kedua anda akan mendapati halaman yang menyuruh Anda untuk memasukkan Alamat Situs atau nama domain yang ingin Anda gunakan. Silahkan masukkan nama domain yang anda sukai untuk digunakan, jika nama domain tersebut belum ada yang menggunakan maka akan muncul tanda centang hijau, jika sudah ada yang menggunakan maka akan muncul peringatan warna merah dan Anda diharuskan memilih nama lain yang belum terpakai. Dan klik tombol “Buat Situs Anda dan Lanjutkan“.
membuat blog gratis wordpress2
Langkah 3 : Setelah Anda sudah menemukan nama domain anda, langkah ketiga ini Anda perlu untuk memasukkan informasi yang dibutuhkan seperti alamat email, nama pengguna dan password anda. Isi informasi yang dibutuhkan tersebut sampai anda mendapati semua kolom tercentang hijau. Jika sudah langsung klik tombol ” Langkah Berikutnya“.
membuat blog gratis wordpress3
Langkah 4 : Pada langkah ini Anda langsung saja klik tombol “Tidak, Terimakasih” karena Anda ingin membuat blog gratis tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Tapi jika Anda ingin memiliki nama domain tanpa ada embel-embel [dot]Wordpress.com dibelakang domain Anda, maka anda bisa melakukan pencarian yang sesuai dengan yang ingin anda gunakan, tentunya anda diharuskan untuk membeli nama domain tersebut, akan muncul banyak pilihan dan ekstensi berbeda-beda seperti contoh gambar dibawah ini.
membuat blog gratis wordpress4
Langkah 5 : Pada langkah kelima ini adalah pemilihan Tema atau Theme wordpress yang gratis untuk Anda gunakan agar situs Anda terlihat menarik dan profesional, silahkan memilih desain untuk tema yang ingin Anda gunakan, Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pada pilihan ini terdapat banyak sekali kategori tema yang bisa Anda gunakan, baik untuk blogging, portfolio maupun untuk bisnis.  Jika anda sudah menemukan pilihan yang cocok dengan tujuan Anda membuat situs tersebut, maka langsung klik tema pilihan Anda.
membuat blog gratis wordpress5
Langkah 6 : Setelah pemilihan tema, Anda akan mendapati halaman pemilihan paket, terdapat 3 paket yaitu : Gratis, Premium dan Bisnis. Pada pilihan ini silahkan memilih “Paket Gratis”.
membuat blog gratis wordpress6
Langkah 7 : Pada langkah ketujuh ini Anda mendapati halaman seperti gambar dibawah ini, silahkan masuk ke email yang anda gunakan untuk daftar blog dan lakukan konfirmasi, setelah itu Anda bisa melakukan pos artikel pertama Anda, Dan selamat situs blog gratis WordPress Anda sudah selesai dibuat.
membuat blog gratis wordpress7
Berikut diatas adalah 7 langkah untuk membuat blog gratis dengan WordPress yang sangat mudah dan cepat, Untuk langkah selanjutnya Anda bisa mempelajari tutorial di centerklik untuk cara membuat postingan di page maupun post, silahkan telusuri tutorial lain melalui tombol searching di sebelah kanan dari blog ini, atau anda bisa langsung menuju ke Daftar tutorial wordpress lengkap. Tapi ingat tentunya tidak semua tutorial di centerklik bisa Anda praktekan, karena Anda sedang membuat blog gratis. dan kebanyakan tutorial di centerklik adalah untuk situs WordPress Self Hosting.
Tambahan : Anda dapat menambahkan widget yang memberikan informasi statistik tentang situs Anda, mengubah tampilan skema warna tema dan menambahkan halaman ke situs jika Anda ingin memiliki bagian tema yang berbeda. Setiap tema memiliki pengaturan sendiri, sehingga anda akan membuatuhkan banyak waktu jika anda ingin mengenal semua pilihan yang berbeda yang telah disediakan untuk Anda.
Baca : Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG GRATIS?

Blog gratis adalah cara yang baik bagi pemula untuk belajar bagaimana membuat blog dan memulai membuat postingan artikel. Ini adalah pilihan yang bebas biaya bagi mereka yang baru mulai mencoba dunia blogging dan khususnya dengan WordPress! Jelas layanan ini tidak sama dengan layanan berbayar dan ada beberapa kelemahan untuk penggunaan hosting gratis dan ekstensi domain Anda terdapat kata “WordPress” di belakangnya dan itu membuatnya terlihat kurang elegan dan rapi sekaligus panjang. Karena sebuah nama domain begitu berarti untuk pertumbuhan bisnis Anda karena dengan nama domain yang unik dan pendek akan mudah untuk di ingat oleh orang.
Hal itulah yang membuat kurang menarik dari blog gratisan yang berarti Anda harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan banyak klien jika Anda bertujuan untuk bisnis, dan tentunya dengan nama domain gratisan akan sulit untuk membuat bisnis Anda terlihat terpercaya. Anda juga akan memiliki merek WordPress di bagian bawah situs, tapi ini berlaku untuk setiap situs yang di-host oleh WordPress, baik berbayar atau gratis dan untuk setiap situs yang di-host di tempat lain tetapi didukung oleh WordPress. Bahkan sebagian besar pembangun website memiliki gaya yang sama dari pilihan yang gratis. Tapi Hal itu bisa di atasi jika Anda menggunakan hosting pilihan Anda sendiri dan Anda bisa menggunakan tema WordPress pilihan Anda sendiri untuk merubah menggunakan Merek situs Anda.
Jika Anda ingin membuat blog atau situs web yang benar-benar bebas bisa Anda kustomisasi dan menggunakan tema maupun plugin sesuka Anda maka Anda harus menggunakan WordPress pada self Hosted dan mendownload file WordPress diWordPress.org untuk Anda install di hosting terbaik pilihan Anda. Dengan blog gratis Anda juga terbatas pada konten yang diposting. Anda akan memiliki ruang dan bandwidth terbatas, jadi jika blog Anda menerima sejumlah besar hits, Anda dapat mendapati situs Anda tidak dapat di muat atau down dan crash. Demikian pula, Anda tidak akan dapat mengirim banyak konten multimedia. Foto-foto akan memiliki batas ukuran untuk di upload.
Jadi Apakah merupakan Pilihan Terbaik Untuk Menggunakan Blog Gratis?
Sebuah blog gratis sangat ideal bila Anda baru memulai dalam dunia blogging dan ingin belajar dalam membuat blog. Jika Anda ingin menuangkan ide menulis Anda, atau Anda benar-benar baru untuk blogosphere, blog WordPress gratis adalah cara yang tepat untuk anda gunakan. Anda akan dapat mencoba dashboard, isi desain yang berbeda dan juga belajar cara untuk mempromosikan blog Anda. Anda punya banyak ruang untuk bereksperimen karena Anda tidak menghabiskan uang untuk memiliki sebuah blog.
Baca : Cara Memulai Membuat Blog Hanya 30 Menit
Berikut Adalah Tutorial Lengkap Cara membuat blog gratis dengan WordPress, Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam pembuatan blog pertama Anda

0 Response to "CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN WORDPRESS TERBARU"

Post a Comment